Minggu, 01 Februari 2009

RAMBUT DAN KULIT KEPALA< Sejarah dan perkembangan dari jaman keraton hingga kini>

Box:
Meski sekarang banyak wanita berjilbab,yang berarti tidak menampilkan keindahan rambutnya,namun memelihara kesehatan rambut juga tidak menjadi tidak penting, Karena ketika ia melepas jilbab,dan menampakkan rambut sehatnya untuk dirinya sendiri adalah kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan.

Rambut yang ada pada kepala kita tidak hanya sekedar untuk penampilan . Rambut dikepala membuat kepala tetap hangat dengan melindungi dari suhu panas. Rambut yang dihidung mata kuping melindungi masingmasing area sensitive dari debu,atau partikel kecil lainnya. Alis dan bulu mata melindungi mata dengan menurunkan jumlah cahaya dan mengurangi partikel yang akan masuk kemata. Rambut yang bagus yang menutupi tubuh kita menyediakan kehangat an dan melindungi kulit kita. Rambut juga menyediakan bantalan dari cidera,dan warna rambut pada tubuh bergantung pada jumlah distribusi melamin pada bagian kotek disetiap helai rambut .
3 Hal penting yang harus diperhatikan dalam memelihara keindahan rambut rambut antara lain kesehatan,kebersihan rambut,dan selektif memilih kosmetik
rambut :
1. Diet ketat,pertumbuhan rambut juga tergantung pada diet yang kita lakukan. Diet terlalu ketat,bisa mengakibatkan,rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.penyebab anemia. Rambut bisa kehilangan zat besi akibat diet padahal zat besi ini , bisa kita dapatkan dari daging telur,cereal,gandum dan kacang-kacangan perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin c yang berfungsi dalam penyerapan zat besi.
2. menggunting rambut model rambut pendek akan lebih memudahkan kita ,menjaga kebersihan kulit kepala,menggunting rambut secara teratur tidak akan membuat rambut kita lebih cepat tumbuh
3. Yang membuat rambut rusak , meskipun kulit kepala kita cukup kuat dan bisa bertahan pada perlakuan keras,toh dia akan rusak juga akibat terlalu banyak penggunaan bahan kimia, pewarnaan dan pijatan, ketahanan rambut setiap orang terhadap penggunaan bahan kimia pada kosmetik rambut berbeda beda. Umumnya kulit kepala mengalami alergi akibat pewarnaan yang berakibat radang dan pembengkaan untuk menghindari hal ini,sebelum dipakai cobalah dulu pada permukaan tangan . Jika terjadi radang jangan gunakan pada rambut. Berhati hatilah dalam menggunakan pewarna rambut yang berbahan hydrogen peroxide jika rambut terlalu sering kena bahan ini rambut akan menjadi rapuh kasar dan pecah-pecah.
Rambut juga menandakan usia,bagaimana bila usia sudah tua akan muncul rambut putih dengan sendirinya yang dinamakan uban. Hal ini sudah berlangsung secara alami.namun rambut putih juga akan tetap menjadi gaya bila isi kepalanya alias kepandaiannya bagus dan diperlukan masyarakat. Lihat saja Adnan Buyung Nasution rambutnya putih semua tapi justru kelihatan gaya karena dia memang seorang dedengkot hukum pembela kaum lemah di bidang hukum. Maka itulah yang dimaksud isi kepala menentukan gaya rambut.
Dalam kaitannya dengan psikhologis rambut juga menunjukkan emosi seseorang.Pribadi yang mempunyai rambut lurus,berombak atau keriting menunjukkan perangai yang berbeda-beda.Rambut lurus cenderung pemiliknya mempunyai perangai yang lurus,lugu,dan tidak neko-neko.Sedang rambut keriting mempunyai kecenderungan sifat yang banyak kemauannya. Namun itupun masih ditentukan oleh halus dan kasarnya rambut. Pada mereka yang rambutnya halus akan mempunyai sifat yang halus sebaliknya yang memiliki rambut kasar bisa dikatakan perangai dari pemilik rambut itu cenderung kaku. Namun hal itupun masih dipengaruhi lagi oleh pendidikan dan pengetahuan yang masuk dalam pribadi tersebut. Seseorang yang mempunyai pribadi dasar namun bila sudah kena pengaruh pendidikan dan pengetahuan sifat dasar itu juga bisa berkurang atau hilang sama sekali samapi sedalam seberapa ilmu pengetahuan itu masuk di kepalanya,mempengaruhi bukan saja kuantitas otak tapi juga kwalitas otak,
Dahulu ketika pada masa pemerintahan kerajaan. Rambut panjang adalah milik para putri keraton. Kraton menjadi pusat kebudayaan. Disitulah tempat segala macam kehalusan budaya,mulai dari tingkah laku.carabicara.pakaian,pemerintahan.bentuk bangunan adalah pusat dimana semua mengacu pada budaya keraton. Setiap waktu tertentu keraon memamerkan benda-benda pusaka pada rakyat melalui arak-arakan seperti karnaval di jalan raya. Rakyat mengelu-elukan rajanya.pangerannya,putrinya.
Disitulah para rakyat bisa mengapresiasi apa-apa saja yang ada di kraton itu menjadikan impian ataupun inspirasi mereka. Para seniman akan mulai berkarya dengan inspirasi yang muncul. Para tokoh politik pada waktu itupn akan membicarakan tak henti-hentinya mengulas peristiwa. Tokoh budaya juga akan terinspirasi menciptakan tari yang indah sarat makna sesuai dengan perkembangan jaman. Sampai pada gadis – gadis akan mulai menghayalkan dirinya bak putri raja itu. Dari peristiwa itu dia melihat semua yang ada pada putri raja dari ujung rambut sampai ujung kaki menjadi pengetahuan dirinya akan suatu keindahan.
Disinilah akan terlihat bagaimana putri raja itu,jadi pusat perhatian dan pusat mode yang mungkin pada waktu itu hanya diimpikan para wanita dan remaja kala itu. Hanya dengan media seperti inilah para warga mendapat pengetahuan tentang infaormasi dari pusat pemerintahan itu.
Namun kini jaman sudah berkembang informasi bisa didapat darimanapun,masyarakat mengejar mendapatkan pengetahuan dari segi formal maupun non formal ,begitu juga rambut pabjang dan indah, pada perkembangannya sekarang ini sudah bukan milik putri keraton saja. Tapi milik semua wanita yang tekun mencari informasi dan rajin menbaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kesehatan dan keindahan rambut.

Penghalusan budaya
Pada masa keraton itu dimana ketika keraton itu mengibarkan kejayaannya ,penghalusan budaya menjadi salah satu agendanya. Penghalusan budaya pada keraton jawa terlihat pada ciri keraton yang ditandai dengan keindahan tari-tarian yang lemah gemulai.model bangunan dengan ciri ukir-ukiran yang sangat mendalam,misalnya terlihat ukiran seperti kayu ukiran jepara yang menujukkkan ukirannya berliku-liku dan sangat rumit sekali.Penghalusan kebudayaan ini bersumber pada semangat kebudayaan kasatria di eropa yang ditandai dengan keadaan yang hampir sama yaitu penghalusan budaya yang ditandai dengan penampakan ciri budaya yang mempunyai nilai seni yang tinggi dan bersifat kasatria ( hero).
Pada rambut para putri keraton nampak rambut panjang menjadi ciri budaya itu,perwujudan putri sempurna yaitu langsing lemah lembut dan berambut panjang yang indah akan menjadi nilai yang tinggi bagi suatu budaya level atas.



---Ritual-----
Manusia dari lahir sampai dewasa tidak lepas dari proses inisiasi dan pendewasaan. Rambut yang mengikuti pada anggota tubuh manusia yaitu kepala juga mengikutinya.Sejak lahir rambut manusia halus menempel di kepala bayi . Pada beberapa masyarakat ada upacara pengguntingan rambut pada saat bayi. Bila ditilik dari segi kesehatannya pengguntingan rambut itu memang bertujuan untuk membuat rambut tumbuh lebih lebat lagi bila dipangkas seperti itu.Dan biasanya sesudah upacara itu memamng rambut bayi tumbuh lebih lebat. Ibaratnya tanaman memang bila makin sering dipangkas daunnya akan semakin rimbun.
Begitulah makin besar seiring dengan tumbuhnya manusia makin banyaknya lembar-lembar rambut itu menghiasi kepala,dan dengan berbagai model yang dipilihnya. Model rambut juga menjadi bagian dari karakter manusia. Rambut pada wanita yang panjang menunjukkan pemilik rambut itu adalah orang yang telaten ,tekun dan lembut serta feminim. Sedangkan rambut dengan model yang pendek menunjukkan pemiliknya adalah wanita yang menyukai akan kepraktisan dan dinamis bergerak kemana-mana.
Logika dari model ini dapat diterjemahkan dengan yang tampak didepan mata kita bahwa pemilik rambut panjng tentunya akan membutuhkan perawatan yang lebih insentif. Karena pemikinya harus merawatnya agar merasa nyaman dengan rambut panjang.Belum lagi pemiliknyapun harus memikirkan keindahan rambut. Karena bila rambut panjang kalau tidak menebarkan keindahan tentunya pemiliknya akan merasa malu. Maka ia harus menjaga bagaimana agar rambut itu harus tidak bercabang berkilau dan halus dan indah dipandang mata.
Sedangkan bila potongan rambut pendek maka dapat dipastikan bahwa cara memelihara rambut itu lebih mudah daripada yang panjang.Kebersihan dapat dijaga dengan mudah karena setiap waktu mandi bisa sekaligus keramas untuk membersihkan rambut dan kulit kepala sehingga kesehatan kedua bagian itu dapat dicapai dengan mudah.
Pada pribadi ini akan dilakukan oleh pemilik yang dinamis . namun yang terpendting bagi sinyalemen ini adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala ini karena itu adalah bagian dari anggota tubuh manusia yang melindungi bagian –bagian penting yaitu pada bagian kepala melindungi otak. Pada bagian alis melindungi mata. Dan pada bagian hidung untung menyaring debu-debu yang masuk pada saat bernafas. Kegunaan itu dari ciptaan Yang Maha Kuasa untuk selalu dipelihara kesehatan dan keindahannya agar berdaya guna dan berdaya rasa juga berdaya fikir selanjutnya berdaya karya . Didalam badan yang sehat terdapat juwa yang sehat pula. Demikian rasa syukur pada Yang Pencipta itu kita wujudkan dengan memelihara sebaik-baiknya ciptaan Maha Sempurna itu.

Novi Saptina
Jl maluku 12 Keprabon Tengah Solo Telp 0271 9125437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar