Kamis, 25 Juli 2013

Selalu Bugar

Bekerja adalah kebanggaan bagi setiap orang, karena dalam bekerja manusia bisa mengekspressikan dirinya menurut apa yang di inginkan atau diidam-idamkan. Hal ini berlaku untuk bekerja kantoran ataupun entrepreneur, karena pekerja itu dua-duanya juga mempunyai meja kerja, mempunyai spesial kerja dan punya target kerja. Jadi entah itu bekerja di kantor maupun entrepreneur ya sama saja.
Karena esensi bekerja itulah maka diperlukan kebugaran tubuh untuk menunjang karier itu. Bagaimana tidak meskipun ide cemerlang bila badan sakit-sakitan maka ide cemerlang itu juga tidak akan terwujud dengan sempurna. Untuk itu ada beberapa tips bugar ditempat kerja.
Tempat kerja itu suatu tempat yang menyenangkan
Kita harus menganganggap tempat kerja adalah suatu yang menyenangkan,seperti rumah ke dua yang selalu menantikan kehadiran kita. Kita bisa menebarkan keharuman bunga diri kita yaitu bisa berbuat kebaikan, mengembangkan diri, menolong sesama  dengan berbuat kebaikan seperti ini, badan akan terasa lebih ringan dan bahagia, segala sesuatu yang menyesak di dada akan hilang maka diri akan menjadi lebih sehat karena lebih bahagia.
Minum jamu
Bagaimanapun juga warisan obat dari nenek moyang itu juga ampuh mengatasi kebugaran tubuh. Tanaman apotik hidup yang kita tanam sendiri di pot, bisa kita jadikan jamu yang hemat dan sehat. Minum jamu membuat badan menjadi kuat, stamina meningkat. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan yaitu jamu untuk kebugaran
Olah Raga
Sesudah minum jamu sudah ketemu yang cocok maka olah raga teratur meskipun seminggu sekali asal rutin bisa membuat pola tubuh kita menjadi tubuh yang bugar. Dengan kesadaran kita yang tinggi harus diluangkan waktu untuk senam kebugaran agar daya tahan menjadi meningkat jauh dari segala jenis angin yang masuk ke dalam tubuh.
Pola Makan
Sarapan pagi hari yang lengkapsangat penting bagi tubuh. Bila tidak sarapan keadaan menjadi lain yaitu sangat menganggu kebugaran. Bagan menjadi cepat loyo dan tidak konsentrasi karena perut melilit lilit. Hal ini akan menjalar ke yang lain yaitu emosi yang meningkat. Menjadi cepat tersinggung, atau pemarah. Maka sarapan dengan makanan yang lengkap sangat diperlukan untuk kebugaran tubuh.
Berdoa
Yang terakhir adalah berdoa pada Allah Yang Maha Kuasa. Setiap hari melakukan meditasi secara teratur setiap pagi ketika waktu subuh. Mengucapkan syukur pada Nya atas karunianya ,atas pemberiannya, kesehatan dan kebahagiaan pada hari ini dan mohon petunjuknya bila menemui jalan buntu,berserah diri mohon ampun atas segala kesalahan yang dilakukan, mengakui  bersimpuh pada Nya bahwa diri ini lemah tidak kuat seperti yang maha Kuat sehingga mohon dijaga dari segala Mara bahaya.
Setelah berdoa seperti itu biasanya diri ini akan menjadi tenang dan percaya diri. Dengan modal ini diri juga akan lebih sehat dan kuat.
Bila semua dijalankan dengan baik maka dimanapun badan akan sehat dan bugar termasuk ditempat kerja yang menjadi tempat kita mengekspressikan diri kita menghasilkan karya yang monumental dalam kehidupan.
 (Novi Saptina) 

Lihat juga tulisan penulis di Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar