Selasa, 07 Desember 2010

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Sekarang banyak yang merasa dikejar-kejar materi pembelajaran di kelas terutama untuk memenuhi kriteria pembelajaran yang ideal. Soalnya sekarang guru-guru dituntut untuk banyak persyaratan tentang idealisme guru.

Salah satunya tentang pembuatan Penelitian Tindakan Kelas. Ini salah satu contoh penelitian tersebut yang bisa menambah wacana.
Proposal ini dibuat ketika kita semua selesai berkumpul mengadakan workshop dengan Dinas Pendidikan kota di Solo Jateng. Selamat membaca!




PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)



Judul                           :
UPAYA MENINGKATKAN GAIRAH BELAJAR SAINS   DENGAN
MENGGAMBAR KOMIK SAINS


Permasalahan                          :
Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara: yang ditempuh oleh
pengajar kepada anak didiknya, terutama untuk meningkatkan gairah belajar.
 Dalam sains selain percobaan-percobaan yang sering dilakukan dapat juga ditempuh dengan cara menggambar komik sains yang sangat disukai oleh anak-anak. Maka metode ini diambil agar menjadi khasanah pembelajaran siswa yang aktif
                                     

Cara Pemecahan Masalah       :
Permasalahan ini dapat dicapai dengan mempelajari per-pokok bahasan dituangkan dalam
gambar beserta tokoh yang disukai siswa, diterapkan dalam satu lembar kertas gambar
dengan dipecah menjadi empat kotak jalan cerita. Satu pokok bahasan maksimal 2
lembar, jadi 4 kotak jalan cerita. Sehingga pokok bahasan dalam satu semester bisa  
menjadi satu bendel komik yang berisikan ringkasan mata pelajaran sains satu semester,
jilid 2 bisa diteruskan dalam semester berikutnya.

Tujuan                                     :
Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) ini bertujuan agar siswa
mengerti betul dan menerapkan dalam dunianya sehari-hari mata pelajaran sains ini
secara menyenangkan.

Kerangka Teori dan Hipotesa :
                                   
Penelitian PTK ini memakai kerangka teori yaitu dari buku penyampaian Komunikasi
dari Astrid S Susanto, yaitu Guru sebagai Komunikator bisa menyampaikan pesan yang
berupa Mata pelajaran Sain kepada siswa sebagai obyek komunikasinya ( Komunikan )
dengan menyentuh Kerangka berfikir siswa ( Frame of reference) dan Kerangka
pengalaman siswa ( Field of expereance) yang sangat akrab yaitu Komik Sains.
Sedang hipotesa yang didapat yaitu dengan kesenangan siswa belajar ini akan menambah
gairah belajar dan dapat mencapai daya serap yang tinggi dan menghasilkan nilai yang
tinggi dan pemahaman yang tinggi pula.


Rencana Penelitian                  :
Dilaksanakan pada awal semester untuk semester berikutnya.


Cara Pengumpulan Data         :
Dalam mengumpulkan data selain studi buku digunakan studi tabel penilaian siswa

Indikator Kinerja                    :

Dapat pemantauan setiap KBM yang dilaksanakan, menggabungkan dengan teori, mengamati permasalahan lapangan yang muncul  sampai evaluasi.



DAFTAR PUSTAKA            :

  1. Budi Susatyo. 2005. Sistematika Proposal. www.dirjendluarbiasa.com.
  2. Ardan Sirajudin. 2009. Lima hal yang diperhatikan dalam PAKEM  www.sirajudin.wordpress.com
  3. Ardan Sirajudin. 2009. Pengertian Micro Teaching. www.sirajudin .wordpress.com
  4. Ardan Sirajudin 2009. Hakekat Pengelolaan kelas. www.sirajudin.com
  5. Faidzil Adzim 2009. Mengajar dengan hati. Gema Insani Press
  6. M Nift, J. 2002. Action Reasearchfor Profesional Development. www. jeannift.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar